Minggu, 01 Mei 2011

I Love u full "Coding"

Wah ini mungkin sebuah posting yang  berlebih. Judulnya aneh, tapi ini  memang begitu adanya. Coding bagi sebagian orang barangkali sesuatu yang amat tidak nyaman dipandang, membingungkan, ruwet, banyak simbol yang jelehi, wah masih banyak lagi kata-kata yang menganak tirikan coding. Tapi bagi sebagian orang  coding  memiliki nilai sendiri.  Apalagi bagi teman-teman yang "tersesat" di jurusan  RPL ( Rekayasa Perangkat Lunak ) yang kata orang mau jadi "programmer". 
Bagaimana caranya ngutak-atik coding menjadi sesuatu yang menyenangkan, mengasyikkan, bahkan bisa menghasilkan uang? Gampangnya bagaimana kita belajar coding  dengan gampang dan menyenangkan.  Kali ini bagi rekan-rekan blogger kita akan bagikan cara ngutak-ngatik coding di template blog dengan menambahkan fasilitas Firebug di Mozilla.
Ikuti  tahap-demi tahap  tutorial berikut ini !

  •  Kita akan berikan satu informasi yang bisa dipakai untuk merubah ( utak-atik ) coding  ditemplate blog, pertama anda harus on-line, buka dan login blog anda.
  • Tampilkan blog anda dengan View
  • Kita akan menambahkan fasilitas Firebug dari Mozilla Firefox
  • Klik Tools di menu mozilla dan pilih Add-ons
  • Cari dan pilih Firebug
  • Lakukan penginsatalan
  • Setelah berhasil menginstall Firebug anda akan bisa menggunakan fungis firebug, ikuti langkah selanjutnya.
  • Apa yang akan ada  ubah pada blog anda? klik kanan saja bagian tersebut, dan pilih INSFECT ELEMENT akan muncul firebug dibagian bawah yang menunjukkan coding dari bagian yang anda  klik tadi. perhatikan gambar dibawah ini !



  • Lakukan pengubahan, nilai,  maka akan langsung ada  perubahan di tampilan blog anda. Nah  ini yang saya maksud mengutak - atik coding sangat  mengasyikkan, apalagi anda telah mengenal/punya dasar HTML.  Semua bisa  dipelajari.  Bagi anda yang mau belajar HTML silakan download  ebook HTML berikut ini. ( Download Tutorial HTML ). Dan satu lagi ni saya share ebook tentang CSS ( download Tutorial CSS ).
  • Kelebihan menggunakan Firebug ini adalah kita dengan cepat bisa langsung mengetahui hasil perubahan dari coding yang kita ubah. Misalnya saya ambil contoh: Jika kita akan merubah warna cukup mengubah nilai #ffccff, hasil perubahan langsung dapat kita lihat. Jika sudah mendapatkan warna yang cocok , baru kita masuk ke Design - Edit HTML - cari   coding yang akan kita ubah dengan bantuan F3. Langkah ini akan lebih praktik jika dibandingkan kita harus utak-atik koding langsung dari dalam coding edit HTML. Dengan Fasilitas Firebug ini kita akan lebih cepat dalam merubah tampilan blog kita. Oya... tidak usah takut apa yang kita ubah lewat firebug tidak bisa disimpan, jadi hanya cocok untuk belajar mengetahui konsep CSS maupun HTML nya. Perubahan ke blog harus lewat template.
  • Selamat ngutak-atik  coding, sampai  puas...  jangan lupa tinggal dulu  kalau dah dengar Adzan. Biasanya sering Ngupa  segalanya  tuh  kalau  lagi asyik bercumbu dengan coding....

Selamat mencoba.
Salam 3B : "Berdo'a-Belajar-Berkarya"




Lihat Artikel TOP Terkait:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Free SEO Tools

MULAILAH SEKARANG !!! Walaupun harus dari nol kecil