Rabu, 27 April 2011

Seputar Link

Dalam membuat blog maupun website kata LINK sangat akrab ditelinga kita. LINK digunakan untuk menghubungkan menu dengan isi/content atau menghubungkan elemen satu dengan elemen lain. Link bisa berlaku didalam maupun diluar. Dalam HTML link dinyatakan dengan aturan :
<a lokasi_link>text</a>

ada 3 jenis link yaitu :


  • Link Relatif : Dipakai bila anda membuat link pada halaman yang lain pada komputer yang sama. disini tidak memerlukan alamat internet yang lengkap. seperti contohnya:
           <a href="file2.html">berikutnya</a>
  • Link Absolut :Dipakai bila anda membuat link ke halaman web lain yang berada pada website lain di internet. Dalam hal ini anda harus menuliskan alamat internet dengan lengkap. contohnya :
             <a href="http://hardosujatmiko.blogspot.com"> Blog Tutorial</a>
  • Link Dalam dokumen : Dipakai apabila anda memiliki dokumen/halaman yang sangat panjang, hal ini bisa dibuat link dalam dokumen, umumnya teknik ini diterpkan pada dokumen yang menampilkan daftar isi dokumen tersebut, pada daftar isi ini memungkinkan dilinkkan langsung ke isi secara langsung. contohnya seperti berikut ini:
         <a href=#namabadian">bagian tentang link</a> 

perhatikan tanda # pada koding tersebut, # menunjukkan bahwa link tersebuy ditujukan kepada link dalam dokumen yang sama.
Bagaimana Aplikasi LINK dalam blog? baik dibawah ini saya berikan contoh koding link yang  saya pakai dalam blog ini. Contohnya : Saya akan membuat LINK dari   Menu KONFIRMASI dilink ke tampilan Konfirmasi. Perhatikan koding yang berwarna merah !



Lihat Artikel TOP Terkait:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Free SEO Tools

MULAILAH SEKARANG !!! Walaupun harus dari nol kecil