Rabu, 06 Februari 2013

PONDOK TAHFIDZ QUR'AN dan Tukang Sayur


Bismillahirrohmanirrohim,.

“wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”. (QS. Muhammad: 7)

“Berangkatlah kamu baik dengan rasa ringan maupun dengan rasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan jiwamu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”. (QS. At Taubah:41)

Cuplikan ayat dari Surat Muhammad dan Surat At Taubah di atas sepertinya sangat pas dilekatkan kepada keluarga bapak Mohammad Syukri yang bertempat tinggal di Dk. Tampirejo Rt.02 Rw.05 Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang.
Beliau adalah seorang hafidz (penghafal al Qur’an) yang berprofesi sebagai penjual sayur keliling namun berhati mulia dan bercita-cita luhur, membina dan mengasuh tidak kurang dari 10 anak yatim dan tidak kurang dari 80 anak TPQ dari warga sekitar di rumahnya.

Subhanallah, Perlu diketahui, Bpk Muhammad Syukri yang kesehariannya menjual sayur berkeliling dari rumah ke rumah dengan kondisi perekonomian yang pas-pasan dan tinggal di sebuah gubug berdinding kayu tua berlantai tanah yang kurang layak huni bertekat mendirikan Pondok Tahfidz Qura'an dan menampung anak yatim. Walau hanya dengan pendapatan + Rp 50.000,- tiap harinya, Beliau tetap berjuang mendidik, menyekolahkan dan menghidupi anak-anak yatim yang dititipkan ke beliau. Anak yatim tersebut kebanyakan dari luar kota Semarang. Sebenarnya beliau banyak tawaran kerjaan yang lebih terpandang, namun beliau rela jualan sayur biar bisa mengabdikan waktunya untuk anak yatim dan bedakwah dijalan Alloh. Kegitan setelah dari jualan ia bersama istri dan orang tuanya, setiap hari mendidik anak-anak yatim tersebut dan anak-anak warga sekitar dengan mendirikan Tempat Pendidikan al-Qur’an (TPQ) yang di bernama TPQ Musytamirul Furqon. TPQ tersebut fokus pada pendidikan Tahfidz Qur’an, kitab dan Bahasa Arab. Bahkan salah satu anak yatim di tempat tersebut telah hafal 3 juz al Qur’an di usia 11 tahun. Perjuangan beliau dalam menampung anak yatim dan mendirikan TPQ sampai sekarang alhamdulillah sudah berjalan 6 (enam) tahun.

Niatan bapak Muhammad Syukri tidak hanya sampai disitu, beliau berencana mendirikan Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an yang lebih layak huni dan nyaman di belakang rumahnya. Beliau memahami bahwa kondisi rumahnya yang hanya berdinding kayu tua terpancar cahaya matahari lewat celah-celah dinding rumah yang sudah aus, lantai rumah yang masih tanah, atap rumah yang masih sering bocor saat hujan, dapur masak yang hanya mengandalkan kayu bakar, ruangan yang sempit, dan 1 (satu) toilet / WC untuk keluarga dan anak didik yang masih jauh dari kenyamanan menjadikan kosentrasi belajar anak-anak terganggu.

Alhamdulillah impian dan cita-cita Bpk Syukri saat ini sudah mulai ditampakkan Allah. Bulan September 2012 kemarin beliau beserta anak-anak binaannya memulai pembangunan Pondok Pesantren Tahfidz Quran baru tahap Pondasi, akan tetapi karena kekurangan dana sampai saat ini kegiatan pembangunan terpaksa terhenti.

Bagi saudara-saudaraku seiman yang berkehendak untuk memberikan DONASI atau SUMBANGANNYA, bapak Syukri memberikan arahan sebagai berikut.
  1. Sumbangan atau dana yang di khususkan untuk operasional kegaitan belajar mengajar dan kebutuhan anak selama tinggal di Ponpes / Rumah Bp. Syukri. (dana akan di kelola oleh bapak sukri langsung)
  2. Sumbangan atau dana yang di khususkan untuk tabungan anak anak yatim (bapak sukri tidak akan memanfaatkannya, karena langsung akan di masukkan ke dalam rekening anak-anak yang telah dibuatkan untuk tabungan pendidikan masa depan anak)
  3. Sumbangan atau dana yang khusus untuk kebutuhan pembangunan pondok pesantren.
Untuk saat ini, donasi bisa dikirimkan langsung ke lokasi dengan alamat : TPQ Musytamirul Furqon, Jl.Sendang Welut No.1 Dk. Tampirejo Rt.02 Rw.05 Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang Kode Pos 50279 Telp. 081228582584

Atau transfer ke rekeneing
BRI syariah No. Rek : 1002772384 a.n. Ahmad Fadholi
BNI No.Rek : 0077366455 a.n. Sdr Kharis Setiawan
BNI No.Rek : 0239760970 a.n Endah Tri Widyarini
BCA No.Rek : 4620242573 a.n Sri Widy Hastuti

Jika sudah mentransfer mohon konfirmasii ke CP Relawan di bawah ini :
Affan Ahmad Fadholi      cp 085640074055 / 085292874957
Kharis Setiawan             Cp  08995935041
Endah Tri Widyarini        Cp 085327764062
Angga                           Cp 085640483221
Sri Widy Hastuti             Cp  08882571979 / 024 40001525 pin 29D20376
Widodo                         Cp  085290115877 / 085741555479

Insya Allah amanah Bapak / Ibu / Saudara akan kami sampaikan ke Pengasuh Ponpes yaitu Bpk Muhammad Syukri tanpa kami kurangi sedikit pun, dan bagi yang mendonasikan juga diperkenankan reques Do'a. Para Donatur insya Allah akan ikut di Doakan setiap malam jumat dengan santri-santri Mustamurul Furqon.

Mohon Dukungan dan Bantuan Do'anya semoga pembangunan Pondok Tahfidz Qur'an "Musytamirul Furqon" segera jadi, bermanfaat dan berkah untuk ummat amiin...

Mohon Informasi ini bisa disebarluaskan ke Donatur-donatur

Niatan kami ini tulus tanpa ada diniati kepentingan tertentu selain ikhlas untuk berdakwah untuk ummat islam, kami pun tidak mengambil atau mengurangi donasi dari akad yang disampaikan, selain itu kami tidak ada maksud merendahkan profesi Bp. Moh Syukri. Untuk menjaga biar tidak timbul fitnah mohon setiap berdonasi baik itu uang atau barang untuk selalu dikonfirmasikan pada kami.
Syukran katsir

"Perumpamaan orang yang menginfaqkan hartanya dijalan Alloh seperti sebutir biji yang menumbuhkan 7 (tujuh) tangkai, pada setiap tangkai ada 100 (seratus) biji. Alloh melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Alloh Maha Luas, Maha Mengetahui" (QS.al-Baqoroh 261) 

"Dan mengapa kamu tidak menginfaqkan hartamu di jalan Alloh, padahal milik Allah semua pusaka langit dan bumi? Tidak sama orang yang menginfaqkan (hartanya di jalan Alloh) di antara kamu dan berperang sebelum penaklukan (Mekah). Mereka lebih tinggi derajatnya daripada orang-orang yang menginfakkan (hartanya) dan berperang setelah itu. Dan Allah menjanjikan kepada masing-masing mereka (balasan) yang lebih baik. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan". (QS. Al Hadid 10) 

“Dan infaqkanlah sebagaimana dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang dianatara kamu : lalu ia berkata (menyesali) : “ya Rabb-ku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian) ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang sholeh?” (QS. Al Munafiqun : 10)

Keluarga Bp. Sukri beserta anak yatim yang di tampungnya
Keadaan rumah bpk Syukri yang dipergunakan untuk menampung anak yatim dan belajar / TPQ
Media yang dipergunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar santri
 
Para santri saat berjamaah solat ashar
Ruangan yang digunakan untuk menerima tamu, belajar dan berjamaah
Kondisi kamar para anak yatim. dari 9 anak yatim cuma ada 2 kamar
Kondisi kamar para anak yatim. dari 9 anak yatim cuma ada 2 kamar
Kondisi MCK
Kondisi tempat wudlu sekaligus kamar mandi yang kurang begitu layak tapi dipergunakan untuk semua keluarag dan santri walau hanya ada satu unit
kondisi WC hanya ada satu untuk keluarga dan santri
Kondisi rumah tampak dari belakang dan terdapat Kendi besar untuk wudlu
Keadaan Dapur yang digunakan santri dan keluarga untuk masak dan memasaknya masih menggunakan sarana kayu bakar belum kompor gas karena cari yang gratis
Sisa-sisa jualan sayuran yang di konsumsi keluarga dan anak yatim
Lahan yang luas yang rencana untuk mendirikan Pondok Tahfidz Qur'an
Pembangunan pondok yang baru tahap pondasi dan pengurukan tanah, namun terhenti karena kurangnya biaya
Kami relawan dan bapak sukri berharap semoga pondok yang baru tampak pondasi ini berdoa semoga pembangunan pondok tahfidz qur'an ini segera selesai dengan cepat
Prestasi-prestasi yang pernah diraih anak-anak yatim Mustamirul Furqon
DANA WAKAF yang diamanahkan pada kami untuk disampaikan pada Bpa Sukri Pengasuh anak-anak yatim Mustamirul Furqon untuk pendirian PONDOK TAHFIDZ QUR'AN Mustamirul Furqon
DANA SODAQOH yang dipercayakan kpada kami untuk disampaikan pada Bpa Sukri Pengasuh guna kebutuhan anak-anak yatim Mustamirul Furqon
Berdoa bersama anak-anak yatim Mustamirul Furqon dan meng amiin kan reques do'a dari para donatur
Ucapan terimaksih dari anak-anak yatim Mustamirul Furqon kepada para donatur, semoga amal ibadah para donatur diterima allah dan menjadi amalan ibadah yang pahalanya tidak terputus sepanjang masa.



Lihat Artikel TOP Terkait:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Free SEO Tools

MULAILAH SEKARANG !!! Walaupun harus dari nol kecil