Minggu, 22 Maret 2015

Berbagi dan terus berbagi

Sehari-hari kegiatanku  mengajar di SMK, berangkat pagi sebelum jam 06.00 WIB dan pulang abis sholat  asar, sekitar jam 04.00 WIB, kadang juga pulang malem kalau lagi ada kerjaan yang harus segera diselesaikan. Aku nikmati saja,.... Mengalir

Juli 2014, awal semester 1 TA 2014/2015  dengan SK Kepala Sekolah Aku mulai aktif lagi mengajar di SMK ku, setelah 2 tahun aku Tugas Belajar yang dibiayai P2TK Dikmen Program Studi Manajemen Pendidikan konsentrasi Kepengawasan Sekolah   di Universitas Negeri Semarang (Unnes ).

Beban mengajar,.....ehhhh maaf ralat,... kayake kurang nyaman kalau pakai kata beban mengajar, lebih nyaman pakai kata tugas mengajar 40 jam/minggu, mengampu mapel  KKPI (14 jam) sisa kurikulum KTSP kelas 12, mapel KKPI  akan segera hilang atau gak ada lagi di TA 2015/2016 besok karena SMK ku menerapkan Kurikulum 2013, Simulasi Digital 12 jam ( katanya ini pengganti mapel KKPI, bener apa tidak aku sendiri tidak tahu) dan 14 jam pelajaran produktif Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL) yaitu mapel Database MYSQL 8 jam  dan mapel sistem operasi  6 jam. Selain tugas utama mengajar, aku diberi tugas tambahan  sebagai kepala program keahlian komputer. Semua aku jalani dan aku nikmati.....Mengalir.

Latar belakang pendidikan  S1 teknik elektronika, aku lulus sertifikasi KKPI tahun 2009, mapel KKPI  menjadi pilihanku waktu itu, karena tugas mengajar dari kepala sekolah satu-satunya mapel yang bau bau linier dengan latar belakang pendidikan S1 ku......ehhh bentar ya, kog laper, ternyata aku belum sarapan. Kasihan si Otak kalu dipakai mikir tapi telat kasih makannya,...Bentar ya, sarapan dulu...

Alhamdulillah, kegiatan dan prosesi sarapan sudah selesai, semua berjalan lancar. Selalu menikmati, mensyukuri dan membagi semua yang diberikan oleh Allah untuk diri kita dan orang lain. Yuuuk lanjut lagi sharing stories nya.....

Akhir tahun  2014, Desember  temen-teman menerima tunjangan sertifikasi, aku tidak menerima. Aku bertanya-tanya apa sebabnya? beban mengajar kurang? atau tidak linier?  atau tanggal/bulan lulus di ijazahku bulan  3 september 2014? atau apalah? aku tidak tahu dan tidak menemukan jawaban. Hanya sebuah kalimat yang aku yakini.......Allah tidak akan pernah salah dalam  memberi dan membagi rezeki... Jalani dan nikmati semua dengan tetap iklas dan selalu bersyukur......Mengalir.

Awal Januari 2015, semester 2 TA  2014/2015 dimulai hingga  saat ini semua berjalan lancar, ini titik poin yang mau aku share. Di semester 2 ini aku diminta bantu temen-temen yang sedang menempuh studi S2, ada 7 orang yang lagi menempuh studi S2, belajar dan sharing bersama tentang Tesis, khususnya olah data dengan SPSS.   belajar SPSS nya tidak hanya di sekolah  tapi juga di rumah, ada teman sampe beberapa kali ke rumah sampai malem bahkan larut malem, sparing  partner bercumbu dengan SPSS. Ada sesuatu yang baru yaitu Syntax Macro untuk mengolah Regresi dengan Moderasi dan Mediasi ( Modmed ). Menantang banget, soale yang terkait dengan koding aku paling seneng.......Akhirnya selesai juga 7 orang temen tinggal menunggu wisuda, teman-teman senang dan bahagia tambah 3 huruf dibelakang namanya, aku lebih seneng karena melihat temen-teman bahagia. Ada yang luar biasa selama membantu teman-teman,Selama berbagi dan  memberi  kita tidak akan pernah rugi, jalani, syukuri dan biarkan..... Mengalir.


Pertengahan Pebruari 2015, ada 2 orang mahasiswa Unnes jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer ( PTIK) kalau gak  salah...he..he ( mas Hafid dan mbak Nurul), datang mau mengadakan penelitian untuk menyelesaikan Skripsi. Aku diminta bantu menjadi pembimbing di sekolah terkait dengan penelitiannya. Judul skripsi menantang karena berhubungan dengan mapel baru yaitu Simulasi Digital khususnya pokok bahasan Animasi Visual ( Blender ). Mapel baru dengan tantangan baru banyak yang harus disiapkan, membuat modul pembelajaran, membuat tutorial dan yang tidak kalah pentingnya memilih metode pembelajaran yang sesuai sehingga motivasi siswa, kreativitas dan daya exlpore siswa meroket. menjadi Animator Blender, bisa membuat game, bisa membuat film animasi "sopo Jarwo" itu yang sering aku gaung-gaungkan ke telinga siswa. beberapa siswa ada yang sangat tertarik dengan mapel simulasi digital ini, khususnya kompetensi Animasi 3D, berharap dari sekian banyak siswa ada yang "gila" dengan Animasi 3D Blender, aku membangun komunitas Blender dan siap memberi extra waktu dengan Slogan Berdoa-Belajar-berkarya,....berharap mutiara-mutiara terpendam itu akan muncul.....menjadi animator handal...Jalani....Syukuri dan biarkan....Mengalir

Bentar,....ada tamu kayake, ada yang ketuk ketuk pintu........... Yeee bukan tamu, ternyata yang datang cucuku, lucu banget, usianya blom genap setahun. Aku sudah dipanggil kakung enom, atau mbah enom oleh cucuku ( anak dari Ponakanku ). Yach gak tahan dengan godaan suara yang keluar dari celoteh mulut mungilnya......akhirnya laptop aku tutup, aku nikmati kelucuan, kepolosan dan celotehnya... aku biarkan rasa sayang ini.....mengalir.

Awal Maret 2015, pergantian siswa On the Job Training ( OJT ) 1 kelas kembali setelah 3 bulan melaksanakan OJT di dunia industri, satu kelas lagi menuju du/di. Selama siswa di tempat OJT  aku tetap bisa memberi informasi/pengumuman kepada siswa, bisa materi pembelajaran ( modul, joobshet dan ebook)  bisa mengadakan tes/quiz/ulangan semua aku lakukan dengan bantuan Sistem Pembelajaran On-line dengan bantuan https://www.edmodo.com/. Semua bisa berjalan dengan baik dan sistem ini sangat membantu sekali. Siswa sudah bisa mengikuti dan mengelola account sendiri-sendiri, siswa sudah belajar  edmodo di mapel Simulasi Digital.

Sebagai kepala program RPL  seperti biasa siswa yang pulang dari OJT diberi pengarahan agar siswa segera menyesuaikan dengan aturan-aturan di sekolah kembali. Selain memberi pengarahan aku juga memberi kesempatan agar siswa  bercerita tentang pengalaman yang diperoleh selama OJT. Ada 1 pertanyaan siswa yang membuat aku masih berusaha mencari jawabannya. "Pak Hardo kan saya sudah belajar praktek di industri, lumayan 3 bulan, bagaimana caranya saya bisa sekolah sambil bekerja? bisa mendapatkan uang? bisa belajar mandiri? Aku jawab dengan sebuah gerakan tangan sambil menunjuk slogan, BERDO'A-BELAJAR-BERKARYA yang tertulis besar didalam ruang Lab komputer. Selesai memberi pengarahan dan mendengar cerita pengalaman siswa selama OJT....aku terus berpikir, mencari sebuah jawaban atas pertanyaan siswaku....Bagaimana caranya????? aku biarkan pikiran ini...terus mencari dan menemukan jawabnya......aku biarkan berpikir.....Mengalir.


Pertengahan Maret 2015......Waktu Extra belajar blog dengan sistem Dropshipping di Mulai,....biarkan saja semua .....Mengalir.






Lihat Artikel TOP Terkait:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Free SEO Tools

MULAILAH SEKARANG !!! Walaupun harus dari nol kecil