Selasa, 24 Maret 2015

Edmodo system belajar on-line sebagai penghubung bagi siswa yang On the Job Training ( OJT)

Di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) program On the Job Training ( OJT ) sudah menjadi program tetap. OJT dilaksanakan di industri/instansi/perusahaan yang bertujuan memberi pengalaman kerja kepada siswa. OJT dilaksanakan biasanya di kelas XI semester 1 atau 2. Di SMK Negeri 10 Semarang khususnya program studi Komputer-Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dilaksanakan di semester 4 kelas XI. OJT dilaksanakan selama 3 bulan.

Selama 3 bulan melaksanakan OJT siswa tetap bisa belajar dengan baik berkat bantuan Sistem Pembelajaran On-Line. Sistem pembelajaran yang digunakan  adalah program  Education Network Edmodo. Dengan sistem pembelajaran on-line yang  interfacenya mirip facebook ini siswa yang melaksanakan OJT tetap bisa melaksakan pembelajaran. Siswa dapat mengambil  materi pembelajaran berupa joobsheet, modul maupun video tutorial, siswa dapat mengerjakan tugas, latihan, quiz atau ujian. Siswa juga bisa saling  chat antar teman maupun dengan guru sebagai media share dan konsultasi.

Pengetahuan dan praktek pembelajaran on-line dengan alamat https://www.edmodo.com/ siswa sudah memperoleh  ketika menempuh mapel Simulasi Digital di kelas X, sehingga siswa kelas XI yang melaksanakan OJT sudah tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan dan mengikuti proses belajar berbasis On-line ini.

Terkait dengan beban guru mengajar minimal 24 jam/minggu bagi guru yang sertifikasi, pembelajaran berbasis on-line ini menjadi sebuah solusi. Karena beberapa daerah berbeda dalam mensikapi peraturan tentang sertifikasi Guru. Misalnya sebagai contoh  guru mengajar 24 jam/minggu, jika ada 2 kelas XI yang melaksanakan OJT maka tugas mengajar minimal 24 jam/minggu jadi tidak terpenuhi, akhirnya menjadi alasan tunjangan sertifikasi tidak cair. ( weleh...weleh.....). Semoga share ini bisa sebagai salah satu solusi untuk mengaplikasinya sistem pembelajaran On-line bagi siswa yang melaksanakan OJT dan bagi guru tunjangan sertifikasi tetap mengalir........Semoga.

Dibawah ini saya berikan link materi-materi yang dibutuhkan untuk mengikuti sistem pembelajaran on-line dengan  Edmodo.com, silakan bisa di download.


Tampilan Penggunaan Edmodo dalam format PDF




Lihat Artikel TOP Terkait:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Free SEO Tools

MULAILAH SEKARANG !!! Walaupun harus dari nol kecil