Senin, 19 Agustus 2013

Belajar...belajar...dan terus belajar

Segala apa yang kita lihat, dengar, rasakan, dan yang kita kerjakan adalah pendidikan.  Pendidikan bukan hanya duduk  di dalam kelas dengan tangan sedeku diatas meja sambil mendengarkan seorang guru.  

Selama perjalanan mudik  romadhon dan diteruskan dengan safari syawal  aku  banyak  sekali menjalani pendidikan, apa  yang aku lihat, aku rasakan , aku dengar dan aku lakukan memberi pengalaman  yang luar biasa.

Dalam perjalanan dari kota  Semarang menuju Sragen, dari sragen  ke mertua Jombang, trus anter anak ke Malang , kembali ke Jombang lagi. Jam 2 malam aku berangkat dari Jombang pulang ke sragen dan melanjutkan ke Yogja karena  ada acara keluarga. Acara selesai jam 14.00 WIb  mampir ke kota Gede  rumah Om  yang  dulu momong nyonya. Trus pulang ke semarang  pas jam 23.00 wib.  belum selesai......  karena aku  tinggal di semarang  dan punya family  di semarang  aku  mulai jam 8 pagi  menuju  kota  kudus ke teman kuliahku dulu, jam 2  kembali  ke semarang  dilanjutkan  ke gunungpati dan sekitarnya, sampai rumah  pas jam 20.00 wib. Paginya kita lanjutkan perjalanan  ke kota  sukaharjo dan wonogiri  ke teman  kuliah  S2  sekarang. Ada beberapa  teman  yang  kita kunjungi, selesai dan pulang ke sragen pas  jam 20.00 wib, waktunya  istirahat  karena  esok paginnya  aku  harus meneruskan perjalanan ke Magetan dan Ponorogo. dari sragen aku berangkat jam 10 sampai magetan jam 12. mampir ke rumah teman  sebentar  trus  ke ponorogo, pas jam 14 aku masuk kota Ponorogo. 2 hari aku di Ponorogo, kembali ke sragen  trus  ke semarang pas  jam 19.00. agak lancar  karena  lewat tol bawen-semarang  yang baru dibuka.

Alhamdulillah perjalanan ini  semua lancar, rasa Syukur kuhaturkan kepada Allah  SWT  yang  telah memberi kekuatan  sehingga mobil dan fisikku  dapat dan kuat nyetir  sendirian menempuh perjalanan yang panjang ini. Ada beberapa  cerita yang inspiratif  selama aku menempuh perjalanan ini.

1. Aku bertemu  sosok ibu  yang luar biasa, sosok istri  yang luar biasa. Seorang istri  yang dengan penuh kesabaran dan kesetiaan mendampingi  suami yang menderita sakit stroke. Beliau rela memandikan dan merawat suaminya  yang menderita stroke. Aku  belajar,....karena aku melihat, mendengar, merasakan  dan melakukan sebuah perjuangan  yang diniati denga iklas didasari  dengan cinta  dan kasih sayang.

2. Seorang ibu yang memiliki 8 anak, yang hidup sendiri dirumah karena sudah ditinggal suami pergi mendahului menghadap sang Pencipta. Tiap Jam 2 malam  ibu itu  bangun, melakukan sholat lail, dzikir, baca Qur,an  sampai  menunggu subuh.... berpuasa senin-kamis  menjadi kebiasaan,  dan luar biasa dalam menjamu aku ( aku dianggap sebagai tamu). Pesan beliau kepadaku " mas hardo sekarang lakukan kebiasaan-kebiasaan baik  kayak  ibu lakukan.... gak usah nunggu tua  kayak  ibu sekarang"........   aku  belajar: mendengar, melihat, merasakan  dan melakukan  untuk membangun  kebiasaan2 baik  itu.....terima kasih  ibu...

Bersambung...




Lihat Artikel TOP Terkait:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Free SEO Tools

MULAILAH SEKARANG !!! Walaupun harus dari nol kecil